Home

Donasi Login Register
Artikel
Hadijah, S.Pd
pada 27 December 2023 | Kelas Kemerdekaan

Mengembangkan Potensi Murid Melalui Ekskul Seni

Mengembangkan Potensi Murid Melalui Ekskul Seni

Cerita ini berfokus pada perjalanan murid-murid saya dalam mengikuti ekskul seni tari di SDN 93 Soreang. Awalnya, ketika saya mencoba memasukkan unsur musik dalam perangkat pembelajaran, saya melihat antusiasme murid-murid saya yang terlibat dalam pembelajaran dan menari mengikuti irama musik. Ini membuat saya menyadari bahwa saya selama ini terlalu fokus pada tugas administratif dan kurang memperhatikan minat dan bakat murid.

Setelah mengetahui minat mereka dalam musik, saya memutuskan untuk membuka kelas ekskul seni tari. Meskipun menghadapi tantangan dari orang tua, rekan guru, dan kepala sekolah, saya memilih untuk terus melanjutkan kegiatan ini karena saya yakin bahwa hal ini akan memberikan manfaat positif bagi murid-murid saya.

Selama satu tahun, saya dan murid-murid saya bekerja keras untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk kelas ekskul seni tari. Kami merancang tempat latihan, mengatur jadwal latihan yang fleksibel agar murid-murid tetap bisa menyelesaikan tugas-tugas akademik mereka, dan membawa peralatan seperti speaker dan mic dari rumah. Saya juga mengundang orang tua dan stakeholder lainnya untuk melihat perkembangan murid-murid kami dalam pentas seni yang kami selenggarakan.

Keseriusan dan dedikasi murid-murid saya terlihat dalam pentas seni tahun itu. Mereka dengan penuh semangat tampil di panggung yang kami desain seadanya. Keberhasilan mereka tidak hanya memberikan kepuasan bagi diri mereka sendiri, tetapi juga bagi saya sebagai guru yang melihat mereka tumbuh dan berkembang.

Dua tahun kemudian, pada perayaan Hari Guru 25, murid-murid saya berpartisipasi dalam acara tersebut. Setelah melalui berbagai tahapan dan seleksi, mereka berhasil membawa ekstrakurikuler seni tari sebagai juara II yang mewakili Kecamatan Lau. Selain ekskul seni tari, saya juga membuka Komunitas Seni Cilik di sekolah kami, yang menampung berbagai minat dan bakat dalam seni seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dan seni teater.

Dalam perjalanan satu tahun ini, saya melihat perkembangan yang luar biasa pada murid-murid saya. Mereka tidak hanya meningkatkan keterampilan seni mereka, tetapi juga mengembangkan kepercayaan diri dan kreativitas mereka. Beberapa murid yang awalnya pemalu dan kurang percaya diri, kini mampu tampil di depan publik dengan penuh percaya diri. Mereka juga belajar untuk bekerja sama dalam tim, menghargai pendapat dan kontribusi setiap anggota, serta menghormati perbedaan dalam seni yang mereka tekuni.

Keberhasilan ini tidak hanya memberikan kepuasan bagi murid-murid, tetapi juga kepada saya sebagai guru yang melihat mereka tumbuh dan berkembang. Melihat mereka menemukan minat dan bakat mereka dalam seni, serta melihat mereka mengeksplorasi dan mengembangkan potensi terbaik mereka, membuat saya merasa bangga dan bahagia.

Dengan adanya kelas ekskul seni ini, saya berharap dapat meyakinkan rekan guru dan kepala sekolah tentang pentingnya memberikan ruang dan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka di luar kurikulum akademik. Saya ingin mengajak mereka untuk melihat betapa pentingnya seni dalam membentuk kepribadian dan kreativitas anak-anak. Saya berharap dapat menjadi contoh inspiratif bagi guru-guru lainnya untuk melihat dan mendukung murid mereka dalam mencapai potensi terbaik mereka di segala bidang.

Dalam perjalanan ini, saya juga belajar untuk terus mendengarkan dan melihat potensi serta minat murid-murid saya. Saya menyadari bahwa setiap anak memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, dan sebagai seorang pendidik, tugas saya adalah membantu mereka mengenali dan mengembangkan potensi terbaik mereka. Saya belajar untuk tidak hanya fokus pada pencapaian akademik semata, tetapi juga memberikan ruang dan kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka.

Saya berharap, melalui Komunitas Seni Cilik ini, anak-anak dapat terus berkembang dan mengembangkan minat dan bakat mereka dalam seni. Saya ingin mereka merasa diterima dan didukung dalam mengeksplorasi kreativitas mereka. Saya ingin mereka merasa percaya diri dan bangga dengan apa yang mereka hasilkan.

Dalam perjalanan ini, saya juga berharap dapat melibatkan orang tua dan masyarakat sekitar dalam mendukung kegiatan seni di sekolah. Saya ingin mereka melihat betapa pentingnya seni dalam membentuk karakter dan kepribadian murid - murid. Saya ingin mereka mendukung dan mengapresiasi karya-karya seni yang dihasilkan oleh anak-anak kami.

Dengan semangat dan dedikasi, saya berharap Komunitas Seni Cilik ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang positif bagi murid-murid kami. Saya ingin melihat mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang kreatif, percaya diri, dan memiliki apresiasi yang tinggi terhadap seni. Saya ingin melihat mereka terus mengeksplorasi dan mengembangkan potensi terbaik mereka, dan menjadi inspirasi bagi orang lain.

 

 

 

 

 

Bagikan artikel ini :

(0) Komentar

Silakan login untuk dapat berkomentar!

Artikel Lainnya

MENJADI GURU AKTIF MENULIS
BELAJAR BAHASA MENYENANGKAN UNTUK SEKOLAH DASAR
Membangun Kolaborasi dan Inovasi dalam Pembelajaran Seni Musik
PRAKTIK BAIK METODE ATAP LESLAR (LIVES LESSON WITH AUGMENTED REALITY)
Document