Home

Donasi Login Register
Artikel
SURYAN NULOH ALRANIRI, S. PD
pada 12 October 2022 | Kelas Kemerdekaan

Main Kartu untuk Belajar Klasifikasi Makhluk Hidup

Jam pelajaran disaat terakhir mendekati pulang, tentunya membuat siswa kurang bersemangat ditambah lagi cuaca sedang panas. Diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan mood booster siswa. Salah satunya yaitu Game Bases Learning melalui Permainan Kartu Hewan dan Tumbuhan. Bagaimana cara memainkannya, agar pemahaman bermaknanya dapat? 

Berikut aturan mainnya :

1. Siswa dikelompokkan, tiap kelompok berjumlah 5-6 siswa

2. Kartu diacak terlebih dahulu oleh siswa yang kesatu, 

3. Kemudian dibagikan kartunya kepada tiap siswa

4. Siswa lainnya tidak boleh mengetahui kartu siswa lain

5. Siswa yang pertama menyebutkan ciri-ciri hewan/tumbuhan yang ada di kartunya

6. Siswa lainnya menjawab dengan mengacungkan tangan dulu

7. Diberikan tiga kali kesempatan untuk menjawab

8. Apabila benar menjawabnya, maka mengambil kartu lainnya

9.apabila setelah tiga kali salah, maka yang bertanya mengambil kartu yang ditempatkan ditengah. 

10. Setelah 3 putaran, maka ditentukan lah yang mendapatkan kartu terbanyak sebagai pemenangnya

11. Kartu yang dipegang, segera ditempelkan dipapan tulis berdasarkan pengelompokkan ciri hewan. 

Selama pembelajaran berlangsung, siswa sangat antusis dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran di jam terakhir.  Semangatnya dapat, pemahaman bermaknanya dapat. 

Bagikan artikel ini :

(0) Komentar

Silakan login untuk dapat berkomentar!

Artikel Lainnya

Perjalanan Pendidikan Nasional Sebelum Kemerdekaan
Bermain Puzzle untuk mengenal bidang kerja
PRAKTIK BAIK METODE ATAP LESLAR (LIVES LESSON WITH AUGMENTED REALITY)
PENINGKATAN LITERASI SISWA DI SMA ISLAM PARLAUNGAN DENGAN BANTUAN AI (BARD GOOGLE)
Document