Home

Donasi Login Register
Artikel
ERMAIDA, S.Pd.SD., M.P.d
pada 19 May 2023 | Kelas Kompetensi

indahnya berbagi praktik baik

INDAHNYA BERBAGI PRAKTIK BAIK

MENGGUNAKAN PLATFROM MERDEKA MENGAJAR

Tehnologi semakin hari semakin berkembang, berbagai aplikasi sudah diciptakan untuk mempermudah manusia dalam segala hal baik untuk kalangan umum, pejabat maupun pendidik, untuk itu kita perlu harus mengikuti perkembangan tehnologi sampai saat ini, terutama kita sepagai guru harus melek informasi jangan pernah gagap tehnologi karena murid murid kita setiap hari menunggu ilmu baru yang akan kita berikan di ruang kelasnya masing masing. Seorang guru harus memiliki ilmu yang lebih dari muridnya untuk itu kita guru harus lebih banyak belajar untuk membekali murid kita.

Tahun ajaran 2022/2023 setiap sekolah sudah diwajibkan memakai kurikulum merdeka dengan memilih salah satu dari 3 kurikulum yang ada yaitu kurikulum merdeka, kurikulum siap berubah,dan kurikulum mandiri. Sekolah saya menggunakan kurikulum siap berubah, saya mulai mempelajari apa itu kurikulum siap berubah ? aplikasi apa saja yang digunakan untuk bisa memberikan pelajaran kepada murid, saya ikuti group siap kurikulum saya saya mengikuti pembelajaran yang diberikan di group what sapp saya selalu penasaran ap aitu kurikulum merdeka, saya selalu mengikuti webinar online dari kemdikbud tentang kurikulum, saya terus mempelajari tentang kurikulum merdeka sehingga saya mengerti tentang aplikasi yang digunakan dan cara instal aplikasi merdeka mengajar dengan menggunakan playstore. Saya rajin membuka aplikasi merdeka mengajar dan saya selalu membawa rekan guru saya di SDN 34 siguntur Tua untuk menginstal aplikasi ini sambil memberitahu maanfaat  yang luar biasa menggunakan apliksi merdeka mengajar ini, karena aplikasi ini mempermudah guru dalam membuat bahan ajar, media yang digunakan dan cara menyajikan yang benar lewat video yang ada dalam aplikasi tersebut, menggunakan apliksi merdeka mengajar ini memang sangat membantu sekali bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi guru. Guru guru sangat senang saya mau membantu mereka menjelaskan dan cara instal aplikasi itu walaupun ada beberapa guru yang masih kurang tanggap dengan banyak alasan dan gaptek teknologi tapi saya terus mengajak rekan guru untuk mempelajari dan membuka isi aplikas merdeka mengajar itu dengan sabar karena kita tidak mudah untuk bisa mengajak rekan guru untuk belajar hal baru, alhamdulillah dari 8 guru yang ada disekolah saya sudah 4 orang bisa menggunakan aplikasi merdeka mengajar ini saya sangat senang sekali

Sekolah saya berada diwilayah gugus 6 terdiri dari 8 sekolah yang tergabung didalamnya setiap bulan melaksanakan Kelompok kerja guru ( KKG) pada bulan agustus 2022 kami melaksanakan KKG di SDN 13 Sungai Pinang. saya di telpon ketua gugus untuk memberikan ilmu cara mengintal aplikasi Merdeka Mengajar dan menggunakannya, pada kegiatan KKG itu, saya sangat terkejut sekali karena tidak menyangka saya dapat kepercayaan untuk berbagi ilmu kepada rekan rekan guru di 8 sekolah, saya merasa neves juga menjelang tampil didepan rekan rekan guru semua tapi rasa neves saya lawan dengan rasa senang saya bisa berbagi ilmu dengan rekan guru sehingga tujuan Pendidikan yaitu menciptakan profil pelajar Pancasila yang kita harapkan bisa tercapai, saya memberikan ilmu di kegiatan KKG ini membuat perasaan saya sangat senang sekali, kepercayaan rekan guru membuat saya ingin terus belajar banyak ilmu lagi yang nantinya saya bisa memberikan kepada teman lagi, kegitan yang berlangsung selama 4 jam sudah membuat rekan guru bisa instal apliksi merdeka mengajar dan membuka beberapa poin yang ada dalam apliksi itu terutama tentang modul ajar dan assasmen yang digunakan.

Banyak belajar bermacam ilmu dan membagikannya kepada rekan guru ternyata membuat kita BAHAGIA, teruslah belajar rekan guru karena berbagi ilmu itu sangat indah. Indahnya berbagi ilmu membuat hidup kita Bahagia. Saya memberikan no WA kepada rekan guru tujuannya apabila nanti mengalami kendala dalam menggunakan Pflafrom Merdeka Mengajar (PMM) guru bisa menghubungi saya dan menyampaikan masalahnya via WA. Ternyata benar masih ada guru yang kesulitan masuk pada plafrom merdeka mengajar. Saya menjawab keresahan seorang guru yang bernama ibuk ida dengan memberikan penjelasan kepadanya bahwa kalau kita ingin punya plafrom merdeka mengajar kita harus :

  1. Mempunyai akun belajar.id
  2. Instal aplikasi Plarfrom Merdeka Mengajar di playstore

 

 

  1.  Membuka setiap fitur yang ada di plafrom merdeka mengajar seperti yang ada dibawah ini :

  1. Mendowload bahan ajar yang akan digunakan

Saya berusaha terus menjawab pertanyaan ibuk ida via Whattsapp, usaha saya memandu buk ida saya menyarankan buk ida menonton dulu video pembelajaran yang ada di plarfrom merdeka mengajar kemudian setelah memahami isi video saya menyarankan ibuk ida untuk membuka tentang perangkat ajar ternyata membawa hasil yang baik berkat keyakinan ibuk ida untuk bisa menggunakan plafrom Merdeka Mengajar, buk ida merasa sangat terbantu dalam membuat administari dan media pembelajaran yang akan dipakai dalam kelasnya Ketika akan mengajar murid muridnya saya senang bisa membantu buk ida mengatasi kesulitannya. Tidak beberapa hari setelah mendampingi buk ida saya menerima Whattsapp dari ibuk yeni guru SDN 14 siguntur muda yang bertanya bagaimana cara mendapatkan modul ajar dan buku murid dari plarfrom merdeka mengajar, saya lalu membalas Whattsapp ibuk yeni dengan mengatakan untuk mendapatkan modul ajar dan buku pegangan murid adalah :

  1. Klik fitur perangkat ajar
  2. Pilih fase A untuk kelas 1 dan 2, fase B untuk kelas 3 dan 4 dan fase C untuk kelas 5 dan 6
  3. Pilih mata pelajaran yang kita inginkan
  4. Klik cari perangkat ajar
  5. Download perangkat ajar yang sudah kita pilih

Saya kemudian menelpon buk yeni untuk bertanya kendala apa lagi yang dialami buk yeni, ternyata buk yeni belum juga bisa melakukan apa yang saya jelaskan lewat Whattsapp kemudian saya memandunya secara urut sampai selesai saya harus sabar dan rajin memberikan semangat kepada buk yeni supaya buk yeni yeni yakin bisa mengerjakannya. Setelah beberapa hari didampingi akhirnya buk yeni berhasil mendapatkan modul ajar dan buku murid yang dibutuhkannya untuk diajarkan ke muridnya di kelas. Sayapun merasa Bahagia.

Berbagi ilmu cara instal aplikasi Merdeka Mengajar di kegiatan KKG gugus 6  di SDN 13 Sungai Pinang kecamatan Koto XI Tarusan

 

 

 Setelah kegiatan KKG di SDN 13 Sungai pinang selesai saya coba berbagi Ilmu dengan rekan guru di SDN 34 Siguntur Tua Kembali dua hari setelah kegiatan KKG dilaksanakan saya menanyakan Kembali apakah bapak /ibuk guru diSDN 34 sudah bisa menggunakan plarfrom merdeka mengajar itu, ternyata masih ada 3 orang guru belum bisa mendapatkan plarfrom merdeka belajar , satu diantaranya belum memiliki akun belajar.id saya menyarankan kepada ibuk dewi untuk membuat akun dengan menggunakan SIM PKB. Saya memandu langsung dua orang guru yang belum punya plafrom Merdeka Mengajar dengan sabar caranya adalah :

  1. Ambil play store yang ada di handpone
  2. Ketik merdeka mengajar
  3. Instal
  4. Buka aplikasi
  5. Lihat menu apa saja yang ada

Setelah semua guru memiliki plarfrom merdeka mengajar saya mencoba Bersama teman lainnya klik fitur video dan menonton Bersama video pembelajaran yang ada kemudian menjelaskan apa yang ditanyakan rekan rekan guru  dan saling berbagi pengalaman di kelasnya kemudian saling memberikan masukan dan saran.

 

 

Menulis dengan format   A T A P

 

PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN

 

A ( AWAL ) : Guru ingin murid belajar dengan senang dan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga murid punya keterampilan yang dimiliki yang berguna di masyarakat. Murid akan senang belajar kalua guru dikelas tau cara menyampaikan materi pelajaran berdasarkan minat muridnya, murid yang senang belajar akan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga murid bisa mendapatkan ilmu baru yang berguna bagi dirinya dan lingkungannya.

 

T (TANTANGAN) : Guru masih belum menggunakan media pembelajaran dan murid kurang kreatif dalam belajar. Di Sekolah saya umumnya guru menggunakan metoda ceramah dan catat buku paket saja dalam kelas sehingga kelas Nampak pasif dan membosankan. Murid banyak yang tidak mendengarkan penjelasan guru, murid asyik dengan kegiatannya sendiri dan kadang mengganggu teman sebangkunya. Guru sering mencap murid lamban dalam menghapal materi tanpa guru itu sendiri tidak menyadari kelemahannya dalam menyajikan materi pada murid.

 

A (AKSI) : saya mengajar di kelas 4 SDN 34 Siguntur Tua ketika saya mulai mengajar di awal tahun pelajaran 2021/2022 saya sangat terkejut sekali karena dari 20 murid 10 orang diantaranya belum lancar membaca bahkan ada yang tidak hapal dengan huruf abjad. Saya merasa kasihan pada anak anak itu Ketika saya tanya kepada guru kelas 3 tentang hal ini guru tersebut malah menyalahkan anak itu dengan mengatakan anak itu memang malas dan bodoh, saya hanya bisa tersenyum sambil berkata bahwa tidak ada satu orang muridpun yang bodoh disekolah ini. Saya lalu mulai melakukan kegiatan memanusiakan hubungan dengan sepuluh murid itu satu persatu, kemudian mencatat apa saja masalah yang dihadapi murid sampai tidak pandai dan tidak lancar membaca. Umumnya murid menjawab apa yang dijelaskan guru sebelumnya dengan banyak metode ceramah dan catat buku paket dan buat tugas dari buku paket mereka tidak paham sama sekali, guru lebih sering memarahi mereka dari pada membimbing mereka. Saya juga menghubungi orang tua murid yang bermasalah dalam membaca itu dengan memakai metode memanusiakan hubungan juga sehingga orang tua murid sangat senang senang sekali Ketika tau apa kelemahan anaknya dan berjanji akan membantu di rumah untuk belajar membaca. Dari sepuluh orang murid yang bermalah itu kemudian saya membagi menjadi dua kelompok belajar berdasarkan kemampuan yang dimiliki siswa. Saya membuat jadwal tambahan belajar sore selama 1 jam di sekolah. Saya focus mengajar murid dengan mengenal dan hapal dengan huruf abjad dengan menggudakan media pembelajaran kartu huruf  dan papan planel yang berisi abjad, kemudia murid di suruh melihat bentuknya kemudia menunjukan bentuk huruf yang disebutkan ke depan secara bergantian kedepan kelas, murid tampak senang sekali Ketika bermain mencari huruf yang disebutkan kemudian mereka yang tau dengan cepat menunjukan kedepan kelas, suasana sedikit riuh tapi murid Nampak senang dan mereka akhirnya tau dengan bentuk dan nama huruf abjad yang ada setelah belajar lebih kurang 2 minggu.

   MEDIA ABJAD

 Kemudian media pembelajaran saya tukar dengan papan yang berisi kalimat kalimat yang  akan dibaca oleh murid. Kegiatan membaca diawali dengan membaca menyambung dua  huruf  dulu yang di eza dalam hati murid kemudian menyebutkannya menjadi kata, pada kegiatan ini saya harus sabar dan selalu memberikan semangat pada murid bahwa mereka pasti bisa… kemudian menyuruh murid menggabungkan kata menjadi kalimat, kegiatan ini buruh waktu lebih kurang 3 bulan untuk murid bisa lancer membaca.

   Mendampingi murid kelas 4 merangkai huruf menjadi kata

 

P (PEMBELAJARAN) : saya melakukan ini disekolah untuk membuktikan pada guru kelas tiga bahwa tidak ada murid yang bodoh, apabila kita mau menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk mengajar murid akan lebih mudah menangkap apa yang ingin kita sampaikan, media pembelajaran tidak perlu yang mahal atau canggih tapi kalua kita ada niat untuk membuat murid pandai dan mau sabar membimbingnya dengan media pembelajaran yang sederhana dan diminati murid maka itu  sudah bisa membantu kita guru dalam mencerdaskan anak bangsa

Sekarang murid kelas 4 SDN 34 siguntur tua sudah bisa membaca Ketika melaksanakan ujian sekolah saya tidak kawatir lagi pada murid murid saya, saya sangat senang dan kepala sekolahpun menjadikan saya contoh bagi teman guru di sekolah.

 

Mendampingi murid kelas 4 merangkai kata menjadi kalimat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                BISA LULUS SEKOLAH PENGGERAK

Bagikan artikel ini :

(0) Komentar

Silakan login untuk dapat berkomentar!

Artikel Lainnya

SUKSES MENJADI GURU KONTRIBUTOR MEDIA ONLINE DAN RATUSAN ARTIKEL BERITA TERBIT
MENDEKATKAN LITERASI KE JANTUNG HATI
Kompetensi yang bagaimana yang diperlukan untuk menjadi seorang guru MERDEKA BELAJAR? : Tinjauan dari sisi projek “KONFLIK BIKIN KITA MAKIN DEWASA”
Perayaan HUT RI ke 78
Document